Esperanza Rising: Perjalanan Si Gadis Manja dalam Menemukan Arti Hidup

Judul buku: Esperanza Rising

Pengarang: Pam Muñoz Ryan

Tahun terbit: 2000

Penerbit: Scholastic

Tebal buku: 262 halaman

                  Bagaimana rasanya jika orang terkasih yang selalu ada untuk kita tiba-tiba pergi dengan cara menyedihkan? Siapkah kita jika kebahagiaan dan kenyamanan yang biasa kita rasakan harus hilang begitu saja? Dapatkah kita bertahan menjalani kesulitan, di kala kita terbiasa dengan kemudahan di sekeliling kita?

                  Esperanza Rising mengisahkan kehidupan Esperanza Ortega, seorang anak gadis dari keluarga kaya raya di El Rancho de las Rosas, Meksiko. Menjadi anak tunggal dari keluarga terpandang dan dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya membuat hidup serasa begitu mudah dan menyenangkan bagi Esperanza. Segala keinginannya dapat terpenuhi dengan mudah. Para pelayan juga selalu siap sedia membantunya dalam segala hal. Tragedi dimulai ketika ayah Esperanza meninggal tepat sehari sebelum ulang tahunnya yang ketiga belas, dibunuh para bandit ketika tengah pergi berburu. Para paman Esperanza berusaha menguasai harta mendiang ayahnya, bahkan salah satunya berniat menikahi ibu Esperanza. Penolakan yang dilakukan Esperanza dan ibunya memunculkan dendam pada paman Esperanza. Belum habis kesedihan atas meninggalnya sang ayah, Esperanza dan ibunya harus kehilangan harta benda lantaran rumah mereka terbakar secara misterius. Membuat Esperanza harus melarikan diri ke California bersama ibu dan para pelayannya. Di sana Esperanza dan ibunya tinggal di kamp khusus pekerja bersama saudara para pelayannya. Si gadis manja yang terbiasa hidup serba mewah pun harus beradaptasi dengan lingkungan baru: meninggalkan kehidupan lamanya yang glamor, juga belajar mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Esperanza harus berhadapan dengan orang yang tidak menyukainya tanpa sebab dan ketika ibunya sakit, Esperanza harus berjuang untuk mendapatkan uang agar ibunya bisa mendapat perawatan yang layak. Ia juga belajar memaafkan orang yang menyakitinya tanpa sebab, menjalani hidup barunya dengan ikhlas dan terus berjuang. Esperanza belajar bahwa meski kesulitan dan kesedihan menghadang di depan mata, harapan dan semangat hidup harus tetap ada di hatinya.

                Esperanza Rising adalah salah satu buku sastra anak-anak yang kusukai. Tidak hanya memiliki jalan cerita yang menyentuh, kisah ini juga mengandung banyak pesan moral. Salah satunya agar kita tidak mudah menyerah kala menghadapi kesulitan dan jika kita berusaha keras, kita akan menemukan jalan dari masalah yang kita dapatkan. Tokoh Esperanza dalam novel ini juga mengalami pendewasaan yang menunjukkan bahwa kita harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang kita hadapi, menjalani hidup dengan keberanian, keyakinan, dan ketulusan agar bisa mencapai harapan kita. Kita memang tidak selalu akan mendapat apa yang kita inginkan, tapi hidup harus tetap kita jalani.

                Buku ini memiliki kesan tersendiri untukku, karena aku menemukannya di American Corner Kampus B Unair saat sedang mencari topik untuk obyek skripsi. Saat membaca buku ini, aku tergugah dengan ceritanya dan merasa bahwa topiknya sangat menarik: tentang seorang gadis yang berjuang untuk menjadikan hidupnya berarti bagi orang-orang sekitarnya sekalipun ia sedang mengalami kesulitan dan belajar bahwa kebahagiaan bukan semata karena harta benda, namun juga karena perasaan syukur dan tulus dalam menjalani hidup, juga adanya orang sekitar yang mau membantu dalam suka dan duka. Akhirnya novel inilah yang kugunakan sebagai obyek skripsi dan mengantarkan kelulusanku. 

Satu hal lagi yang kusuka dari buku ini adalah Pam Munoz Ryan selaku pengarang juga menyisipkan berbagai tradisi dan pepatah Meksiko yang memperkuat jalan ceritanya. Ada dua pepatah yang cukup mengena bagiku di buku ini: 

Aquel que hou se cae, se levantará mañana

(He who falls today may rise tomorrow)

Es más rico el rico cuando empobrece que el pobre cuando enriquece

(The rich person is richer when he becomes poor, than the poor person when he becomes rich.)